Senin, 28 Maret 2016

Potensi wisata alam maritim kota Bengkulu


Potensi wisata alam maritim kota Bengkulu



Indonesia merupakan negara maritim .Pada zaman kerajaan majapahit dan kerajaan sriwijaya,predikat tersebut di imbangi dengan adanya penguasaan alur pelayaran dan jalur perdagangan serta armada laut yang kuat.Akan tetapi di era saat ini,arti predikat tersebut tampaknya hanya hanya sebatas pengetahuan bahwa Indonesia adalah negara yang hampir 2/3 wilayahnya terdiri dari laut dan sisanya pulau.

            Sebagai negara maritim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi pembangunan ekonomi yang berorientasikan kemaritiman.Tentu  seperti yang kita ketahui, merupakan potensi yang besar dan sangat beragam ,Beberapa potensi maritim yang dapat di kembangkan antara lain potensi bioteknologi maritim,potensi sumber daya laut,potensi alur laut kepulauan Indonesia, dan potensi wisata maritim bahari.

            Di Provinsi Bengkulu sendiri banyak sekali objek wisata maritim bahari yang dapat kita kunjungi dan juga di gunakan sebagai riset penelitian ilmiah. Salah satunya adalah pantai panjang. Garis pantai yang sangat panjang sejauh 7 km adalah keunikan yang dimiliki tempat wisata di Bengkulu yang satu ini. Pantai Panjang terletak di kawasan strategis pariwisata Bengkulu, sebuah kawasan yang lengkap dengan fasilitas publik dan akomodasi yang lengkap. Dari pusat kota, kita hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk dapat sampai di Pantai Panjang ini, atau berjarak sekitar 3 km.

           
Objek wisata Bengkulu yang satu ini memiliki banyak fasilitas,dari penginapan, restoran dan cafe, pusat perbelanjaan, arena bermain anak, hingga fasilitas olah raga. Tak ayal, Pantai Panjang adalah salah satu pesona wisata di Bengkulu yang populer. Bagi masyarakat lokal, pantai ini adalah juga salah satu pusat terapi dengan berjogging pagi atau sore hari di lintasannya.
            Pohon cemara dan pohon pinus yang tumbuh di sepanjang bibir pantai adalah daya tarik lain yang melengkapi keindahan panorama matahari tenggelam di kawasan pantai. Pantai Panjang memiliki pasir putih yang halus sehingga saat Anda berjalan maka pasirnya tidak akan mengotori kaki. Berolahraga di pantai ini merupakan kegiatan yang tepat karena di sepanjang pantai tersedia jogging trek.

            Penggemar volly pantai dapat bermain di lapangan yang dibangun di atas pasir-pasir alami, pecintasurfing pun memiliki titik sendiri untuk menaklukan ombak bersama papan selancarnya. Jika kita ingin sesuatu yang lain, kita dapat mencoba menikmati kuliner laut di kawasan pantai ini. Ada banyak restoran hingga tempat-tempat makan yang mudah kita temukan di sana.

            Objek wisata bahari yang kedua yaitu Pantai tapak Paderi. Pantai ini terhubung dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat di Bengkulu, sebuah pantai yang pada awal mulanya adalah pusat pelabuhan laut pertama di Bengkulu serta menjadi penunjang transporasi laut pemerintah Inggris di Bengkulu pada masa itu yang berjarak 100 meter dari Benteng Marlborough.

Sunset yang begitu indah adalah pesona yang dapat di temukan di tempat wisata Bengkulu yang satu ini. Dari bagian atas Tapak Paderi, kita dapat menyaksikan keindahan laut Bengkulu. Berjalan-jalan kaki di sekitar pantai atau menikmati jagung bakar di pantai ini adalah kegiatan menarik yang dapat kita nikmati. Objek wisata di Bengkulu yang satu ini memiliki garis pantai yang panjang dan menawan, tidaklah mengherankan jika Pantai Tapak Paderi ini ramai dengan kunjungan orang.

            Lalu objek wisata bahari yang selanjutnya adalah Pulau Tikus. Pulau Tikus ini memiliki luas lahan sekitar 1,5 Ha, sebuah pulau di Bengkulu yang dikelilingi terumbu karang yang luas dan secara alami melindungi pulau dari abrasi akibat gelombang yang besar. Panorama pulau yang indah, air laut yang jernih, dan kegiatan snorkel untuk menyaksikan pesona batu karang yang indah serta  ikan-ikan laut penuh warna adalah beberapa hal yang paling memikat di objek wisata Bengkulu yang satu ini.

            Terletak 10 km di arah barat dari kota Bengkulu, Pulau Tikus adalah sebuah pulau yang terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Kita dapat sampai di salah tempat wisata di Bengkulu ini dengan menyewa kapal nelayan di pantai Jakat, dengan durasi waktu perjalanan sekitar 1 jam. Jika menyewa boat untuk pergi ke Pulau Tikus, akan memakan waktu sekitar 40 menit dari Pelabuhan Pulau Baai. Pulau Tikus dulunya adalah tempat kapal-kapal untuk berlabuh dan berlindung dari hantaman badai ombak laut Samudra Indonesia.

            Tetapi, ulah manusia yang merusak ekosistem terumbu karang di kawasan Pulau Tikus membawa dampak negatif bagi kelangsungan salah satu tempat wisata Bengkulu tersebut. Yang paling mencolok adalah semakin berkurangnya luas Pulau Tikus karena mengalami abrasi yang berlangsung makin cepat dari tahun ke tahun.

            Itulah beberapa objek wisata bahari yang dapat kita kunjungi di Provinsi Bengkulu.Sudah seharusnya kita sebagai masyarakat kota Bengkulu untuk menjaga dan melestarikan objek wisata bahari tersebut, yaitu dengan merawatnya dan tidak membuang sampah sembarangan.Agar kedepanya objek wisata bahari yang dimiliki oleh provinsi Bengkulu dapat bersaing dengan objek wisata bahari yang ada di Provinsi lain seperti Bali, Lombok maupun pantai raja ampat di Papua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar